Masih Ada PNS Sulteng Berpendidikan SD

PEGAWAI negeri sipil di lingkup Pemprov Sulteng didominasi lulusan SMA. Demikian laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) akhir masa jabatan gubernur HB Paliudju dan wakil gubernur Achmad Yahya.
Berdasarkan data kepegawaian yang disampaikan dalam LKPJ, jumlah pegawai 6.785 orang. Dari total PNS tersebut lulusan SMA berjumlah 3.031 orang. Urutan kedua ditempati PNS dengan pendidikan S1 sebanyak 2.214 orang. Jumlah PNs terkecil berkualifikasi pendidikan S3, sebanyak 4 orang.
Malah masih ada PNS di Pemprov Sulteng yang berkualifikasi pendidikan SD dan SMP. Untuk PNS dengan pendidikan SD berjumlah 125 orang dan SMP berjumlah 124 orang.
Anggota DPRD Provinsi (Deprov) Sulteng dari PAN, Suprapto Dg Situru, dalam sebuah kesempatan menyampaikan perlunya meningkatkan kapasitas PNS. Dikatakan Prapto, PNS merupakan ujung tombak pelayanan masyarakat, pemerintahan dan pembangunan. Olehnya, kapasitas PNS sangat menentukan kualitaspelayanan masyarakat, pemerintahan dan proses pembangunan.
“Ini harus dimulai dari sistem rekruitmen. PNS kedepan didorong untuk kualifikasi pendidikan S1 dan yang ada didalam ditingkatkan kapasitasnya melalui penjenjangan pendidikan baik formal, kepemimpinan maupun bimbingan teknis,” katanya.
Menurut Prapto juga diperlukan analisis secara mendalam kebutuhan pegawai di Pemprov Sulteng. Dengan demikian rekruitmen CPNS benar-benar berdasarkan kebutuhan daerah.
Terpisah, dalam rapat dengar pendapat (RDP) Komisi I dengan mitranya beberapa waktu lalu, penerimaan, pembinaan dan pengembangan PNS di Sulteng selama ini dinilai tidak transparan. Penilaian itu disampaikan anggota Komisi I dari Partai Demokrat, Baso Opu Syarifuddin, Rabu (27/10/2010).
Baso meminta agar Badan Kepegawaian daerah (BKD) memperbaiki sistem rekruitmen, pembinaan dan pengembangan PNS. TMU

Komentar

Postingan populer dari blog ini

HUKUM DAN MORALITAS

Dewi Themis Menangis

KARAKTERISTIK ILMU DAN TEORI HUKUM