Peningkatan SDM Digenjot

UPAYA peningkatan sumberdaya manusia (SDM) di Sulteng terkait pengeloaan potensi sumberdaya alam (SDA), harus digenjot. Masih banyak potensi SDA tidak terkelola, dikarenakan SDM yang belum memadai di bidang terkait.
“Jika dikaitkan dengan sumberdaya alam (SDA) yang kita miliki, SDM kita sangat lemah. Kita tidak memiliki SDM yang secara teknis mampu mengolah SDA yang ada,” ujar Wakil Ketua Komisi III DPRD Provinsi (Deprov) Suprapto Dg Situru, ditemui di ruang kerjanya, Selasa (3/8).
Lemahnya SDM menurut Prapto, tidak lepas dari kerja pemerintah yang belum optimal. Pemerintah katanya, seharusnya mendorong putra Sulteng yang memiliki tingkat kecerdasan bagus, untuk terus menimba ilmu sesuai dengan potensi SDA yang ada.
Usai menempuh pendidikan, mereka diberikan kesempatan untuk mengolah SDA yang ada. “Dengan cara itu, Nikel, Emas dan SDA potensial lainnya, bisa dikelola sendiri. Kita bikin pabrik sendiri. Tidak perlu menunggu ahli dari luar. Jika kemampuan investor dalam daerah kecil, maka investor luar atau asing bisa disyaratkan menggunakan tenaga lokal berpendidikan,” paparnya.
“Karena anak-anak kita tidak sekolah, makanya kekayaan Sulteng hanya dalam data, belum terolah. Saya yakin Deprov akan mendukung langkah ini dengan politik anggaran, jika pemerintah serius,” tandas Prapto. TMU

Komentar

Postingan populer dari blog ini

HUKUM DAN MORALITAS

Dewi Themis Menangis

KARAKTERISTIK ILMU DAN TEORI HUKUM