Helmy-Hadir Prioritaskan Pelayanan Kesehatan

PALU, MERCUSUAR-Pelayanan kesehatan menjadi salah satu program prioritas pasangan calon Walikota/Wakil Walikota Helmy D Yambas-Hadianto Rasyid (Helmy-Hadir).
Keluhan sebagian masyarakat atas pelayanan kesehatan, menunjukan belum optimalnya pelayanan kesehatan sebagai hak dasar masyarakat. “Pasangan Helmy-Hadir, akan menjawab persoalan tersebut jika dipercaya masyarakat memimpin daerah ini,” ujar Wakil Sekretaris Tim Persaudaraan Helmy-Hadir, Syahrir kemarin (8/6).
Dikatakan Syahrir, kelompok masyarakat yang paling merasakan lemahnya pelayanan masyarakat, adalah masyarakat yang berekonomi lemah. Keberadaan Jamkesmas dan Jamkesda belum sepenuhnya dirasakan kelompok masyarakat tersebut. “Perlu dilakukan pendataan kembali untuk validasi dan akurasi kelompok masyarakat berekonomi lemah. Data yang divalidasi tersebut akan digunakan untuk distribusi Jamkesmas dan Jamkesda. Selain itu, kebijakan pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan, yang membolehkan masyarakat berekonomi lemah berobat dengan surat keterangan tidak mampu (SKTM), harus disosialisasikan secara massif, sehingga mereka berani berobat tanpa ketakutan terbebani biaya,” ungkap Syahrir.
Terpisah, Helmy saat silaturahmi dengan warga Besusu Tengah menyatakan, tekadnya memperbaiki pelayanan kesehatan. Pelayanan kesehatan harus dirasakan seluruh masyarakat dengan adil dan merata. Baginya tidak boleh ada kelompok masyarakat, yang tidak mendapatkan pelayanan kesehatan.
Beberapa langkah yang mungkin bisa dilakukan adalah menjadikan rumah sakit daerah dan Puskesmas sebagai ujungtombak pelayanan kesehatan masyarakat. “Kedepan Puskesmas harus stand by selama 24 jam. Selain itu keberadaan Puskesmas Keliling perlu dioptimalkan. Sarana kesehatan ini bergerak secara mobile menjangkau daerah-daerah pinggiran kota, untuk melayani masyarakat. Sistemnya jemput bola,” kata Helmy.
Salah seorang tokoh pemuda Besusu Tengah Rusdin Masiruru, menegaskan dirinya tidak ragu terhadap kemampuan Helmy-Hadir untuk memimpin Palu kedepan. Keberpihakan Helmy-Hadir pada rakyat, sangat kelihatan dalam aktivitas keseharian. Bahkan jauh hari, pasangan ini telah menunjukan perhatiannya pada kondisi dan kebutuhan masyarakat.
“Tujuhbelas tahun Pak Helmy jadi anggota DPRD Provinsi (Deprov), tidak pernah menolak tamu dan undangan masyarakat. Bahkan kegiatan masyarakat seperti balabe (baca do’a) atau pernikahan, beliau datang tanpa memandang status sosial yang mengundang. Pak Helmy dan Pak Hadi juga ringan tangan membantu masyarakat. Ini tidak dibuat-buat atau hanya dilakukan menjelang Pemilukada. Sudah begitu karakternya, sederhana dan merakyat,” nilai Rusdin. TMU

Komentar

Postingan populer dari blog ini

HUKUM DAN MORALITAS

Dewi Themis Menangis

KARAKTERISTIK ILMU DAN TEORI HUKUM