Celoteh Ramadan #1












MENGOTORI MASJID

Oleh: Temu Sutrisno

 

 

Ramadan tiba

Meluap hati

Gembira menyambutnya


Ada cara berbeda

Beragam ekspresi

Mengisi bulan mulia


Tawa kanak-kanak

Salawat dan tadarus tetua

Berbaur dalam irama takwa


Di luar masjid

Di ujung beranda

Bertebaran gambar berharap puja


Di luar masjid

Berjejer wajah entah siapa

Tak ikut berjemaah hanya pamer senyum semata


Aku tak tahu

Mungkin itu rasa bahagia

Menyambut Ramadan tiba


Aku tak mengerti

Apa arti senyum mereka

Aku hanya tahu gambar itu jadi polusi mata


Satu yang aku tahu

Mereka tak pernah membersihkan masjid ini

Mereka hanya menumpuk gambar saat jemaah memenuhi


Ah...sudahlah

Biarkan saja

Tuhan yang menilainya


Aku

Hanya buliran jemaah

Aku bukan siapa-siapa


Aku

Hanya ingin Ramadan jadi madrasah

Mencuci kalbu menyucikan jiwaku. ***

 

Tana Kaili, 1 Ramadan 1443 H/3 April 2022 M

Komentar

Postingan populer dari blog ini

HUKUM DAN MORALITAS

Dewi Themis Menangis

KARAKTERISTIK ILMU DAN TEORI HUKUM