KENAPA ENGKAU TIDAK MAU BERJILBAB?





1.         Islam
Islam mewajibkan setiap wanita untuk mengenakan jilbab. Kewajiban berjilbab dalam islam tertuang dalam firman allah SWT:
“Hai Nabi, katakanlah kepadaistri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan para wanita mukmin, hendaklah mereka mengulurkan jilbab mereka ke seluruh tubuh mereka.”(Q.S. Al-Ahzab:59).
“katakanlah kepada para wanita mukmin, hendaklah mereka menahan pandangan dan memelihara kemaluan mereka, janganlah mereka menampakkan perhiasan mereka, kecuali yang (biasa) tampak pada dirinya. Hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dada-dada mereka.” (Q.S. an-Nur: 31).

2.          Kristen
Dalam Kristen dan katolik, pakaian semacam jilbab slalu digunakan oleh para biarawati dan suster. Di dalam Bible, misalnya tertuang pernyataan:

Tetapi tiap-tiap perempuan yang berdoa atau bernubuat dengan kepala yang tidak bertudung, menghina kepalanya, sebab ia sama dengan perempuan yang dicukur rambutnya. (1 Korintus 11: 5).

Sebab jika perempuan tidak mau menudungi kepalanya maka haruslah ia juga menggunting rambutnya. Tetapi jika bagi perempuan adalah penghinaan, bahwa rambutnya digunting atau dicukur, maka haruslah ia menutupkan kudung ke kepalanya (1 Korintus 11:6).

Demikian juga hendaknya perempuan. Hendaklah ia berpakaian tertutup, sopan dan sederhana, rambutnya jangan berkepang-kepang, jangan memakai emas atau mutiara ataupun pakaian yang mahal-mahal. (1 Timotius 2: 9)


3.         Yahudi
Rabbi Rachel, salah seorang rabbi yang sangat dihormati oleh umat yahudi, juga selalu menggunakan penutup kepala dan longdress dalam kesehariannya, terutama pada saat memimpin prosesi keagamaan.
“Apabila seorang wanita melanggar syariat Talmud, seperti keluar ke tengah-tengah masyarakat tanpa mengenakan kerudung atau berceloteh di jalan  umum atau asyik mengobrol bersama laki-laki dari kelas apa pun, atau bersuara keras di rumahnya sehingga terdengar oleh tetangga-tetangganya, maka  dalam keadaan seperti itu suaminya boleh menceraikannya tanpa membayar  mahar padanya.” (Talmud)
4.         Budha
Dewi Kwan Im (Avalokitesvara Bodhisattva), yang dikenal sebagai budha dengan 20 ajaran welas asih, juga digambarkan memakai pakaian suci yang panjang menutupi seluruh tubuh dengan kerudung berwarna putih menutup kepala.

5.         Hindu
“Ketika Brahma berpapasan, ketika Brahma memilihkan anda seorang perempuan, kalian hendaknya menundukkan pandangan, tidak boleh memandang. Anda harus menyembunyikan pergelangan anda, dan tidak boleh memperlihatkan apa yang dipergelangan anda.” (Rigveda Book 8 Hymn 33 Verses 19).
 “Orang tidak boleh senonoh, apabila seorang suami mengenakan pakaian istrinya, tidak boleh mengenakan pakaian lawan jenis.” (Rigveda Book 10 Hym 85 Verses 30).
“Rama berkata kepada Shinta, dia memerintahkan agar menundukkan pandangan dan mengenakan kerudung.” (Mahavir Charitra Act 2 Page 71).


Komentar

Postingan populer dari blog ini

HUKUM DAN MORALITAS

Dewi Themis Menangis

KARAKTERISTIK ILMU DAN TEORI HUKUM